Tuesday, November 01, 2011

Tatalaksana Pemeliharaan Rusa


Domestikasi rusa telah dilakukan beberapa abad yang lalu di Asia dan Eropa, terutama di China. Di negara ini rusa diternakkan untuk memproduksi velvet yang digunakan sebagai obat tradisional. Di Eropa, peternakan rusa dikembangkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Dalam perkembangannya rusa dipelihara di dalam area kandang yang luas sehingga mereka dapat bebas bergerak pada jarak 2 meter dari pagar yang mengelilingi area kandang. Peternak yang telah rutin membiasakan diri merawat rusanya dapat memberikan pakan langsung dari tangannya, tetapi jika belum terbiasa dengan kehadiran manusia, hewan ini dapat dengan mudah menjadi berbahaya/stress.
            Perkembangan industri rusa mencapai 20% tiap tahunnya. Rusa dipelihara di pastura dengan kualitas hijauan yang baik. Tambahan pakan diperlukan jika kualitas pasturanya kurang baik/terbatas. Pagar dan penanganan yang khusus sebaiknya digunakan untuk mengatasi ketangkasan dan kemampuan lompat rusa yang dengan mudah dapat melintasi pagar setinggi 2 m   atau lebih (Mackay 1998;Spiers dan Yerex, 1987). Kandang rusa dirancang sedemikian rupa sehingga rusa dapat bergerak melalui jalan setapak yang menghubungkan area umbaran dengan area pengelolaan. Disarankan agar area pengelolaan tertutup dan diberi pencahayaan ringan untuk memudahkan penanganan (Mackay, 1998; SCA 1991). Umumnya peternakan rusa berada di tempat terbuka. Untuk mengurangi stress, rusa harus dilatih untuk mendapatkan makanannya di suatu tempat yang telah ditentukan di area umbaran. Adaptasi area penanganan memudahkan upaya vaksinasi, penimbangan, pemotongan velvet maupun penangkapannya.
            SDM yang bekerjasama dengan rusa harus memahami dan menerima tanggung jawab yang berkaitan dengan kesejahteraan rusa yang berada di bawah pengawasan mereka. Pemberi kerja mempunyai suatu kewajiban untuk melatih karyawannya agar mampu bekerja sama dengan rekan sekerjanya, mampu menggunakan peralatan kerja dengan benar, mampu merawat ternak dan memastikan bahwa karyawan mengikuti prinsip itu terus menerus.
            Sebelum bertugas, SDM harus diberi instruksi yang jelas berdasarkan kebutuhan hidup rusa yang mereka pelihara yang berkaitan dengan spesies, jenis kelamin dan umur. Pengetahuan yang benar menyangkut perilaku rusa yang dikombinasikan dengan fasilitas yang memadai sangat diperlukan untuk memastikan adanya penanganan yang baik dan aman.

Handout kuliah dapat diunduh di sini

No comments:

Notes