Sunday, October 21, 2007

Memelihara Katak Lembu, Mulai darimana?

Mau jadi juragan percil ?
Juragan indukan ?
Atau juragan katak lembu konsumsi ?



Beberapa peminat usaha budidaya katak lembu seringkali tidak yakin, mau mulai darimana?
Apakah membeli indukan dulu? Ataukah membeli bibit (percil) nya dulu?
Keduanya bisa dilakukan, baik step by step atau pun simultan, tergantung dengan modal dan skill yang dipunyai.

Untuk pemula, berdasarkan pengalaman saya sendiri beserta team, akan lebih bermanfaat baik secara spiritual maupun material.... :-) jika dimulai dengan memelihara bibit katak (percilnya) yang baru mau lepas kuntum ekornya. Dalam jangka waktu sekitar 3 bulan maka hasilnya sudah dapat dipetik... Bahkan sekaligus mempersiapkan katak calon indukannya. Karena diantara sekian banyak percil yang dipelihara, pastilah ada beberapa yang memiliki pertumbuhan lebih baik daripada yang lain yang prospektif untuk dijadikan indukan dengan perlakuan pemberian pakan yang berbeda.
Jika nanti sudah terampil dalam mengatur pemberian pakan, melakukan sortasi, membersihkan/mengganti air kolam tanpa membuat stress penghuninya, barulah mulai dengan memijahkan indukannya. Kalau tidak yakin dengan indukan yang dipunyai, bisa saja beli bibit indukan yang baik dari peternak yang memang mengkhususkan pada pemeliharaan indukan katak lembu. Akan tetapi mengingat harganya yang cukup tinggi, membeli bibit/calon indukan katak lembu sebaiknya dilakukan setelah yakin dan trampil mengelola indukan hasil seleksi dari percil yang dibesarkan. Tentunya sebelum upaya ini dilakukan, haruslah dipersiapkan dulu kolam/bak pijahnya... Dari 10 pasang indukan yang dipunyai, sudah sangat hebat bagi pemula jika berhasil memijahkan 3 pasang indukan... Itupun tidak bisa dalam waktu singkat..mungkin membutuhkan waktu 2-3 minggu. Jika tidak berhasil, ya harus diistirahatkan dululah... cape loh menggendong pengantin katak yang gendut selama beberapa hari...

Membeli percil pun tidak bisa seperti membeli sembako di warung, ada uang ada barang. Karena permintaan untuk percil ini sangat-sangat tinggi. Sehingga untuk mendapatkannya, peternak harus indent dulu pada peternak yang menjadi juragan percil jauh-jauh hari sebelum jadwal pemeliharaan akan dilakukan.
Di daerah Jawa Timur bahkan berudu katak lembu pada beberapa usia tertentu juga laku keras diperdagangkan...

Jadi...silahkan dipertimbangkan, apakah mau jadi juragan kodok konsumsi? Juragan percil ? Atau juragan indukan ? Atau ketiganya ?? Yang penting adalah ketekunan dan kesungguhan dalam mengusahakannya. Tidak mudah putus asa, tidak segan bertanya, sanggup untuk terus mencoba...

53 comments:

Anonymous said...

selamat malem mbak retno, kl boleh tau sampe harga berapa yang harga anak kodok itu? beli tiap ekor ato tiap kg yah?
ardyantt@gmail.com
matur nuwun oh iyah , kl indukan sampe berapa yah

nining said...

Selamat pagi mas Ardyant,
harga anak kodok alias percil yang masih ada kuntum ekornya sekarang sudah mencapai Rp.1500 per ekor.
Kalau indukan ya tergantung kualitasnya, belinya per pasang dengan harga antara 400 - 500 ribu per pasang. Tapi dari yang sepasang itu bisa menghasilkan ribuan percil dan bakal indukan juga.

Anonymous said...

siang mbak retno,gimana caranya saya mendapatkan percil kodok lembu habis di surabaya kesulitan sich trims ya mbak

Pieter J andries said...

Selamat siang Mbak Retno,..!!! Saya Pieter dari manado.
Saya sekarang sedang belajar beternak Bullfrog, dan sebelum saya memulai usaha ternak ini, saya sudah ke Bali untuk belajar dari peternak disana termasuk melihat system beternaknya. namun setelah saya membaca dari buku terbaru ttg beternak Bullfrog saya baru tau ternyata di Jawa banyak sekali peternak Bulfrog dgn berbagai metode pemeliharaan.
Pertanyaan saya : Bisakah ibu memberikan informasi kepada saya dimana saja di wilayah jawa yg banyak peternakan Bullfrog dan adakah Contact Person yg bisa direkomendasikan ibu untuk saya datangi dan temui sekalian saya belajar cara beternaknya dan metode yg mereka lakukan.

Terima kasih atas bantuannya dan saya mohon maaf pertanyaannya kepanjangan.

Pieter

nining said...

terimakasih untuk commentnya, anda bisa menghubungi pak Mada di daerah Kalasan perbatasan Yogyakarta. HP. 081578503132
semoga sukses.
retnoip

Anonymous said...

Dimana saya bisa mendapatkan bibit dari bull frog tersebut yang berkualitas baik.?
terima kasih

yohanes

nining said...

Thanks untuk commentnya,
memang semua pengennya jadi juragan kodok konsumsi, ga mau jadi juragan percil atau juragan indukan ya...
Padahal yang nyariin buanyaknya bukan main.
hubungi saja bpk Mada Yudha 081578503132.
Semoga sukses.

salam,
retno

Anonymous said...

mb retno saya yuniar dari surabaya.. saya sedang mengadakan riset tentang peternak kodok atau cacing di surabaya. adakah orang yang tepat yang bisa saya hubungi mbk? peternaknya langsung?

Anonymous said...

saya punya 3 ps indukan tp blm mau bertelur, sebenarnya bth berapa hari waktu untuk mengawinkan katak lembu, saya dapat info paling lama 4 hari, apa benar? kolam untuk pemijahan yang bagus seperti apa? apa cuaca juga berpengaruh? cara mengakali cuaca supaya katak tetap produktif bagaimana?

nining said...

Maaf baru sempat respons, berdasarkan beberapa survey yang dilakukan, katak lembu bisa diberi kesempatan untuk "pacaran" selama seminggu, setelah itu kedua mempelai harus diistirahatkan dulu selama paling tidak 2 minggu untuk charge energy. Selama istirahat ini pakan yang diberikan sebaiknya dengan kualitas protein tinggi dan vitamin lengkap terutama E dan C.
Kolam pemijahan haruslah berada di lokasi yang tenang, sejuk, teduh dan tidak banyak lalu lalang orang di sekitarnya. Cara mengakali cuaca ?? Tanam saja pohon peneduh di sekitar kolam pemijahan, beri batu bata di dasar kolam untuk stimulasi bau "ampo", serta sedikit aliran air/pancuran untuk pasokan oksigen.
Lengkapnya bisa dibaca pada buku saya Budidaya Katak lembu terbitan Kanisius.
Semoga sukses.

Anonymous said...

saya sudah maen ke pak mada, tp sayang saya tidak berani ke kolam penempungan indukan yang di rumah krn dijaga bulldog dan herder, saya mau tanya ciri2x katak yang siap kawin itu spt apa? kalo ingin buat makanan katak sendiri kira2x bahannya apa yang kualitasnya lebih baik dari pakan pabrik(alami/ tanpa bahan kimia)?

Anonymous said...

bu,saya sudah coba hubungi pak mada yudha,tp beliau susah sekali di hubungi,apa beliau punya nomor yg lain,terima kasih. irwan

Anonymous said...

mbak beli percil di daerah jawa timur dmna ya ??

nining said...

ciri2 katak siap kawin : bisa diraba di perut betinanya, indukan yg siap pijah di bagian perutnya terasa ada perlemakan tambahan yg sebenarnya kumpulan dr sel-sel telur siap pijah. Sedangkan jantannya mulai 'bernyanyi' utk menarik minat betina.

Untuk nomor pak Yudha ya itu, dan memang jam kerja beliau unik hehehe... nanti coba saya tanyakan apa ada nomor lain yg bisa dihubungi..

Percil : di Jawa Timur saya kurang tau ya... maaf.

Anonymous said...

di malaysia mana ada org bela katak ni

nining said...

memang katak lembu diperuntukkan bagi pasar Eropa dan Singapura..

Unknown said...

ikutan nanya' nih.
Aku tinggal di Putussibau, 660km dari Pontianak. di sini permintaan percil katak/kodok ijo sangat tinggi, khususnya untuk pakan ikan arwana. Aku jdi pengen ternak katak/kodok ijo. So, apa yg harus dilakukan pertama kali? Thanks

yudis said...

ikutan naya' nih mbak. di tempat ku tinggal-Putussibau- 660km dari kota Pontiak permintaan percil katak/kodok ijo sangat tinggi, khususnya untuk pakan ikan arwana. harganya jga sangat fantastis, karena jarang ada orang yg beternak katak. Aku jdi pengen beternak katak/kodok ijo. So, gmana caranya? thanks

Unknown said...

met siang mbak....aku di semarang mau coba cari indukannya dimana yg paling dekat?....koq tertarik jadi juragan precil ya?....boleh infonya yah...sekalian tanya buku yg mbak maksud adakah tersedia di gramedia?..judulnya apa yah?....terimakasih mbak......

Simon Subrata said...

yang memerlukan bibit /percil kodok lembu untuk daerah bali dapat menghubungi I Wayan Suniayasa alamat : Jl. Br. Padangtawang No. 9A Desa Canggu, Kuta Utara, Kab. Badung - Denpasar-Bali
No. HP.03618787487 atau 08123649080

MARCEL WAANI said...

Salam Merdeka...!
Ibu Retno, saya Marcel dari Manado.
" Saya ingin belajar beternak BULLFROG, tolong dong...informasi tempat pelatihan dan sekaligus praktek di daerah jakarta, surabaya, manado...?"

nining said...

@ Green : bisa saja hubungi Kelompok Usaha Pemuda Produktif di kelurahan Sadeng wilayah Gunung Pati yg sedang mulai membentuk asosiasi untuk peternakan kodok lembu ini. Bisa hubungi : mas Sugeng di 081225267879

@ Marcel Waani: tempat pelatihan di Jakarta belum ada, bisa saja diadakan asal jumlah peserta sekitar 10 orang, krn menghadirkan pakarnya perlu biaya juga hehehe... Tp kalau mau praktek atau magang di Jawa Barat setau saya di Balai Budidaya Air Tawar di daerah Sukabumi. Di surabaya tidak ada, tp di sekitar Blitar, Sidoarjo ada kelompok peternaknya. Manado ? wah saya belum pernah survey kesana. Coba saja anda yg mulai..

salam sukses

raja damai said...

Maaf mbak saya eko berada di banyuwangi jawa timur mau tanya dimana tempat pemasaran atau diamana saya dapat menjual katak-katak saya didaerah yang paling dekat dengan tempat tinggal saya?

okin said...

salam perdamaian ...!!! mbak untuk daerah solo budidaya katak lembu dah ada lom ..???

dee said...

mbak klo juragan bibit percil katak lembu di bandung jawa barat ada gak, klo ad contact person ny...thks

Anonymous said...

prospek dan jaringan bisnis kodok kebnykan terhamabat n bny yg gagal krn tidak ada pembinaan yg baik dari senior2ny, kebnykan seniour cuma mau ngeruk untung dari pemula, sebelum beli janji manis2...setelah di beli semua hal di rahasiakan tidak ada follow up, beli indukan pun di beri yg kualitas jelek, mungkin ini sebabny bisnis ini lamban berkembang, untuk atasi penyakit kodok pun senior2ny kebnykan gak ahli paling disarankan di goreng tok,nggambus....rak mutu,jd bathiny dari tipu2 pemula,aplg yg inisialny YMP,ababny gede

Anonymous said...

kalo smua comment di approve pemilik blog ini pasti bny yg coment pedes kyk sy.....hahahahaha

nining said...

selain spam semua comments selalu saya approve kok...

maaf kalau lama baru bisa saya approve comments anda karena ada beberapa kegiatan dan perjalanan yang harus saya selesaikan... jadi baru sempat review blog sekarang... dan yang memberikan comment 'pedes' (ga juga kok, biasa dalam revolusi hehehe...).. baru anda saja yang sayangnya tidak cukup berani untuk menuliskan jati dirinya selain drpd mark "anonymous"..

kritik dan saran adalah bagian dari perbaikan kualitas hidup, so buat saya no problem.. mudah-mudahan diimbangi juga dengan introspeksi diri sendiri...

semoga sukses

nining said...

@ mas Eko : di daerah Jawa Timur ada pengepulnya yg saya tau di Kediri dan sekitarnya, kalau teman2 di Banyuwangi biasanya dilempar ke Bali.

@ Okin : di Solo saya belum pernah dengar ya... baru Klaten dan Yogya.

@ Dee : coba hubungi Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi, pelajari dulu di websitenya...

sukses selalu untuk anda

nining said...

Terimakasih untuk perhatian serta kritik dan saran yang disampaikan pada blog ini, maaf belum bisa saya approve tanpa identitas penulis yang jelas, sehingga jika ybs menuntut perlakuan yang fair dalam bentuk appoval commentnya, tentunya pengungkapan identitas diri ybs diperlukan juga. Tidak ada kaitannya dengan reputasi saya dsb.

Berkaitan dengan buku saya tentang Budidaya Katak Lembu, buku tersebut adalah buku bacaan populer dan bukan text book, artinya, detail solusi permasalahan tidak akan ditemukan dalam buku saya tersebut. Kalau ingin tau lebih detail tentang metode mengawinkan katak lembu yang detail atau bagaimana mengatasi penyakit katak lembu ya harus diimbangi dengan membaca text book yang sesuai serta diskusi dengan yg lebih berpengalaman diikuti dengan praktek langsung. Tidak bisa hanya mengandalkan buku saya saja. Buku tersebut diterbitkan dengan maksud menambah wacana dan wawasan untuk usaha budidaya alternatif yang prospektif.

Oya, saya bukan seorang professor di bidang budidaya katak lembu,bukan pula professor di bidang yg lain (belum), saya hanyalah seorang pemerhati usaha yg prospektif ini. Bidang spesialisasi saya adalah nutrisi dan makanan ternak khususnya pada teknik pengolahan limbah. Penelitian saya lebih difokuskan pada pelestarian keanekaragaman hayati, kebetulan saja bahwa kodok merupakan salah satu diantaranya.

salam,

Anonymous said...

wah, nyari pusat budidaya katak lembu susah bgt...hihihi...tanya dong mbak, sya dr kebumen, klo pusat budidaya katak yg kira2 terjangkau dgn kota saya dimana ya alamatnya??? mubeng...hehehe

dhani18 said...

Kalo di lampung ada ga mbak yg jual bibit or indukan trims

Anonymous said...

Selamat siang Bu..
Maaf..saya boleh minta no hp nya Bu retno?
Saya pngen belajar banyak soal nutrisi pakan utk Katak Lembu yg dewasa
Terima kasih

Unknown said...

klo untuk percil yang baru sempurna tu...dari berudu ke percil...cocoknya pakanya apanya,,un

Unknown said...

kalau ada kontak untuk daerah kalimantan selatan...yang punya perternakan kodok,,,mohon infonya bu,,,

Unknown said...

mohon infonya ..untuk pakan kodok yang baru saja menjadi percil,,dati berudu ke percil..cocoknya pakannya apa ya bu,,,,

ANANG said...

Mba mau nanya pemasaran katak ini donk ..
Makasih mba ..

Unknown said...

As Wr Wb Selamat Siang Mbak, saya Darmawan tinggal di Jakarta tertarik beternak Katak Lembu, Mohon tanya alamat/telepon dimana saya bisa membeli benih/indukan Katak Lembu. Terimakasih

Unknown said...

As Wr Wb Selamat Siang Mbak. saya Darmawan tinggal d Jakarta tertarik untuk beternak Katak Lembu. Mohon tanya alamat/telepon dimana saya bisa membeli benih/indukan di sekitar jabotabek.Terimakasih

Anonymous said...

saya ada induk dan bibit percil.
Bila berminat, silahkan menghubungi saya di 0881-6762-646 atau pin BB 75c2b26b
a/n YULIUS

Unknown said...

Untuk daerah pati jawa tengah yang ternak katak lembu ada gak ya??
Mohon infonya
Saya berminat untuk ternak katak lembu

Unknown said...

tanya dong mbak,
untuk prospek di drh bandung atau jabar, apakah masih menjanjikan?

Unknown said...

Saya hendri dr jakarta dimana saya bisa mendapatkan bukunya.. saya cari di seluruh gramedia jakarta smua kosong apa bs jualkan ke saya buku?

Unknown said...

Saya nyari ga nemu" bukunya.. bs jual ke saya ga buku nya sis?

Unknown said...

mbak kalo di klaten da contactnya ?

Unknown said...

Saya tertarik apakah saya bisa diberi pelatihan dan pengarahan mbak

Diah Woro Susanti said...

Mba, minta info dong. Kalo beli bibit anakannya di bogor di mana ya? Makasih

Unknown said...

mau tanya kalau penangkaran yang ada di daerah banyuwangi di mana ya
?

Unknown said...

mbak....nomer pak mada susah dihubungi...bisa minta alamat rumahnya....terimakasih

Unknown said...

bisa minta alamat rumah bp mada dikalasan mbak....nomernya susah dihubungi.terima kasih

Dewa Gede said...

Mbak saya dari bali dan ingin buka usaha baru. Dan kebetulan usaha kodok sudah mulai berkembang dan saya ingin tanya di mana saya bisa dapatkan bibit kodok di bali dan seandainya sudah berjalan kemana saya bisa menjual hasil panen kodok tsb. Dengan tidak mengurangi rasa hormat mohon di balas. Terima kasih atau bisa di balas di email hotgecko.gede@yahoo.com

Unknown said...

alamat nya mna mb

triyo wibowo said...

Maaf mau tnya klo mau cri bibit kodok bullfrog dilampung dimna ya saya lagi nyari banyak mohon info ke no ini 085669913638 atau pin 57e63496 terimakasih ditunggu secapatnya ininfonya

Notes