Thursday, December 31, 2015

Metode Pemurnian enzim



Metode pemurnian enzim terdiri dari:
1.       Dialisis adalah suatu teknik pemisahan dengan cara menggunakan membran yang memisahkan dua fasa cairan. Membran tersebut bersifat semipermeabel terhadap partikel solute. Partikel solute berpindah melalui membran ke larutan dengan konsentrasi rendah. Dialisis digunakan untuk memisahkan garam-garam dari suspensi dalam biokimia dengan tujuan untuk mencegah koagulasi atau penggumpalan.
2.       Elektroforesis adalah teknik memisahkan komponen atau molekul bermuatan berdasarkan perbedaan tingkat migrasinya dalam sebuah medan listrik. Elektroforesis memanfaatkan muatan listrik yang ada pada makromolekul.
3.       Kromatografi adalah suaru teknik memisahkan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dengan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan. Molekul yang terlarut dalam fase gerak akan melewati kolom yang merupakan fase diam.
4.       Presipitasi adalah proses pemisahan partikel non enzim yang bercampur dengan enzim dengan cara pengendapan. Presipitasi dapat dilakukan dengan penambahan senyawa penggumpal seperti ammonium fosfat, asam korbat, garam-garam kalsium, sistein, dan serat selulose.
5.       Sentrifugasi adalah memisahkan larutan dari molekul yang lebih besar dalam skala laboratorium. Pemisahan akan lebih mudah tercapai apabila diameter partikel, besar perbedaan masa jenis partikel dan larutan yang besar, serta fiskositas yang rendah.
6.       Filtrasi adalah kecepatan aliran cairan yang melalui penyaring yang tergantung pada perbedaan tekanan, hambatan oleh materi, kekentalan cairan dan hambatan oleh lapisan yang sudah terbentuk.
Contoh pemurnian enzim:
1.       Pemurnian enzim lipase
2.       Pemurnian enzim papain dari getah papaya
3.       Pemurnian enzim bromelain menggunakan aseton
4.       Pemurnian enzim bromelain menggunakan ammonium sulfat

No comments:

Notes