Sunday, January 11, 2009

Khasiat Tanduk Anoa

Selain dimakan dagingnya, tanduk anoa dipercaya memiliki khasiat tertentu. Biasanya tanduk diambil bersama dengan tengkoraknya. Kemudian agar tidak busuk, tengkorak bersama tanduk diawetkan dengan cara diberi garam lalu disimpan di atas tungku api selama beberapa minggu.
Tanduk yang telah mengering kemudian banyak dipakai sebagai obat. Salah satunya bernama minyak soko. Nama soko sebenarnya berarti anoa juga, namun dalam bahasa Bugis.
Minyak soko didapat dari rendaman tanduk anoa kering dengan minyak kelapa. Setelah direndam selama berhari-hari, akan didapat cairan berwarna coklat kehitaman. Cairan ini yang kemudian digunakan sebagai obat gosok bila keseleo atau luka.
Selain direndam dengan air kelapa, tanduk anoa juga dijadikan obat dengan mengerik lapisan luar tanduk. Hasil kerikan nantinya dicampurkan dengan air minum. Air minum campuran itu bisa menyembuhkan anak yang terkena sakit perut. Serbuk kerikan tanduk juga bisa mengobati ternak yang sakit dengan cara mencampurkan serbuk kerikan dalam air minum ternak itu juga. Selain berbagai kegunaan tersebut, tanduk anoa juga biasa digunakan para petani untuk menghindari serangan hama.

Namun patut diingat anoa adalah satwa langka yang dilindungi.



http://ludi1972.wordpress.com/category/obat-alternatif/

No comments:

Notes